News from OLX

4 Hal Jualan Mobil Bisa Naik Pasca Pemilu 2019

0 Komentar

Masyarakat Indonesia siap menggelar Pemilihan Umum  yang jatuh pada hari Rabu, 17 April 2019. Namun di tengah kemeriahan pesta demoraksi, ternyata hal tersebut justru berdampak pada penurunan penjualan di sektor otomotif.

Setidaknya hal ini dirasakan PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Tanah Air. Bahkan menurut Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto, tak hanya Toyota, merek mobil lainnya secara keselurahan juga mengalami hal sama.

“Kalau sekarang aja dikuartal pertama (Januari-Maret) 2019 dibandingin kuartal sama di 2018 turunnya sudah 13 persen. Toyota turunnya tujuh persen. Walau Toyota masih oke, jadi memang pemilihan umum itu terasa (penjualan menurun),” ungkap Seorjo saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (16/4/2019) malam.

Kata Soerjo, penurunan penjualan di saat pemilu memang musiman dan terjadi lima tahun sekali. Sebab, hal itu juga pernah terjadi pada 2014.

Soerjo menyatakan, penurunan penjualan di saat pemilu karena konsumen lebih banyak menahan diri untuk membeli kendaraan. Namun demikian, enam bulan setelah pemilu, maka market akan kembali berkembang.

“Siapa pun yang akan terpilih, mau 01 atau 02, nggak peduli. Market akan tumbuh lagi,” tuturnya.

Moment naiknya penjualan otomotif

Meski jelang pemilu penjualan otomotif menurun, sebaliknya dengan pasca pemilu tahun ini. Sebab, menurut Soerjo, kenaikan penjualan di depan mata seiring dengan adanya beberapa momentum.

Ya, momentum yang dimaksud akan adanya pameran otomotif sekelas Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung 25 April-5 Mei 2019.

Selama pameran berlangsung diprediksi akan adanya gairah masyarakat untuk kembali membeli mobil, lantaran banyaknya iming-iming diskon yang diberikan brand otomotif.

Selain itu, momentum naiknya penjualan otomotif didukung ketika jelang lebaran. Ya, biasanya jelang lebaran banyak konsumen membeli mobil baru yang dapat digunakan untuk mudik,

“Bahkan sebelum puasa orang udah mulai inden,” kata Soerjo.

Dia juga menuturkan, setelah lebaran akan ada lagi pameran otomotif yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan, pada 18-28 Juli 2019. Sama seperti IIMS, selama pameran akan ada begitu banyak diskon, atau DP rendah dan cicilan ringan.

Tak sampai disitu, jelan akhir tahun juga biasanya penjualan mobil akan kembali meningkat, lantaran moment yang paling pas sebuah dealer memberikan diskon.

“Dealer biasanya ngelepas diskon (akhir tahun), karena nggak mau megang tahun produksi di tahun sebelumnya (ketika masuk tahun baru),” tutupnya. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×