Info Bengkel

4 Cara Ampuh Atasi Kabin Mobil Berisik

0 Komentar

OLXer yang punya mobil pribadi khususnya model lawas, pasti pernah merasakan kabin mobil berisik, walau mobil tersebut tidak bermasalah.

Tentunya, kabin bising bisa membuat pengemudi maupun penumpang jadi terasa terganggu, sehingga tidak nyaman.

Oia, mungkin untuk mobil terbaru khususnya dengan harga yang lebih mahal, untuk urusan kabin bising bisa teratasi. Tapi, kalau mobilnya bekas dan lawas tentu saja masih banyak kabin bising.

OLXer sendiri mau tau kan bagaimana cara mengatasi kabin bising. Nah, kebetulan situs resmi Daihatsu membeberkannya, begini cara mengatasinya:

Memasang peredam suara

Kabin mobil berisik bisa diatasi dengan memasang peredam suara di dalam mobil. Peredam suara terbuat dari berbagai macam material, seperti karet yang dilapisi dengan alumunium foil. Ada pula peredam suara yang terbuat dari bahan glasswool.

Selain itu, ada juga jenis peredam suara yang terbuat dari bahan aspal.

Selain dengan peredam suara yang terbuat dari bahan-bahan di atas, OLXer juga bisa menggunakan peredam suara yang berjenis semprotan.

Apapun jenis dan bahannya, peredam suara bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bunyi berisik yang muncul di mobilmu.

Untuk pemasangan peredam suara, OLXer membutuhkan tenaga yang ahli dalam memasang peredam suara agar hasilnya maksimal.

Selain itu, bisa juga memasang peredam suara di bagian-bagian penting seperti di dasar mobil. Kegunaannya untuk mengurangi suara decitan ban atau suara percikan air saat hujan turun.

Lumasi dengan grease

Kabin mobil berisik bisa disebabkan karena adanya gesekan antar logam yang ada di dalam kabin. Jika itu terjadi, segeralah periksa bagian luar atau bagian dalam untuk mengetahui asal sumber bunyi berisik tersebut.

Tujuannya untuk menghindari kerusakan akibat gesekan yang akan semakin parah. Salah satu cara mengatasinya adalah melumasinya dengan menggunakan grease.

Mengganti bagian-bagian yang rusak

Penyebab mobil berisik lainnya bisa juga karena adanya masalah pada komponen mobil, terutama kaki-kaki mobil.

Umumnya, bunyi berisik tersebut akan muncul saat mobil melaju di kecepatan tinggi, seperti 50 km/ jam atau bahkan bisa lebih dari 50 km.

Penyebab bunyi berisik dari bagian kaki-kaki mobil, salah satunya adalah bushing arm yang sudah aus atau bahkan pecah, lalu masalah tie road, ball joint, shockbreaker.

Cara mengatasinya tentu adalah dengan mengganti bagian-bagian yang rusak tersebut dengan yang baru.

Mengganti oli gardan mobil

Apabila bunyi berisik di mobil bersumber dari gardan mobil, OLXer bisa mengatasinya dengan mengganti oli dengan oli yang lebih kental. Cara ini tergolong cara yang mudah, karena tidak perlu mengganti gardan.

Namun cara tersebut tidak akan ampuh dan tidak akan bisa menghilangkan bunyi berisik apabila ada komponen pada bagian gardan yang rusak.

Jika sudah rusak, OLXer perlu menggantinya dengan yang baru. Atau jika belum terlalu parah, dapat menyetel ulang supaya gardan tersebut tidak semakin rusak.

Nah, menurut OLXer sendiri masih adakah cara untuk mengatasi kabin mobil berisik? (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×