Mobil jadi kendaraan yang cukup diandalkan di zaman saat ini untuk menunjang mobilitas. Bahkan kendaraan roda empat ini sangat berguna, baik diperkotaan maupun untuk perjalanan jarak jauh.

Lain halnya dengan sepeda motor, meski jadi kendaraan yang banyak beredar di jalanan, namun minesnya pengendara akan merasakan langsung terik dan panasnya sinar matahari. Termasuk saat hujan, ya OLXer jadi kuyub.

Nah, balik lagi soal mobil. Ketika menggunakan mobil untuk jarak jauh, apalagi bersama keluarga, pakai mobil sangat mengasyikan.

Hanya saja, jika menggunakan mobil membutuhkan persiapan, selain kesiapan fisik dan finansial, tentunya mobil juga harus berada dalam kondisi yang baik dan siap menempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilometer jauhnya.

Seperti dilansir Daihatsu, salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi mobil di seluruh bagiannya. Apabila ada bagian-bagian tertentu yang kondisinya kurang meyakinkan, pastinya harus segera melakukan servis.

Namun jika berkendara jarak jauh dan sudah melalui pengecekan ketika servis, pada kenyataanya mobil harus dilakukan pengecekan kembali. Hal tersebut karena ada bagian-bagian mobil yang kondisinya menurun.

Nah mau tau komponen, apa saja yang harus dilakukan pengecekan usai dibawa jarak jauh:

1. Ban

Hal pertama yang harus diperiksa kondisinya adalah ban. Mengapa? Perjalanan jarak jauh tentunya memaksa ban mobil bekerja lebih keras sehingga gesekan yang terjadi antara ban dengan aspal atau jalanan semakin lama.

Hal tersebut akan menyebabkan ban mobil mengalami penipisan karena gesekan tersebut. Oleh karenanya, setelah melakukan perjalanan jauh perlu banget mengecek kondisi ban, apakah masih layak dipakai atau sudah harus diganti. Daripada meledak saat di jalan, lebih baik diperiksa.

2. Kopling

Selanjutnya, hal yang harus periksa dan perhatikan usai melakukan kegiatan berkendara jarak jauh adalah kopling. Masalah yang satu ini tentunya diperuntukan kepada mobil yang bertransmisi manual, ya.

Buat pengguna tiga pedal, masalah yang dialami pada mobil yang digunakan jarak jauh adalah pada bagian kopling. Tentunya kopling sangat bekerja keras saat berkendara jarak jauh, apalagi kalau jalan yang ditempuh macet dan menanjak. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa bagian kopling setelah melakukan perjalanan jauh.

3. Shockbreaker

llustrasi cara memeriksa kolong mobil. (productsafety.gov.au)

Hal terakhir yang harus diperiksa kembali setelah melakukan perjalan jarak jauh bersama mobil adalah bagian kaki-kaki yang satu ini, yaitu shockbreaker. Shockbreaker juga bisa dibilang adalah bagian yang bekerja ekstra untuk memberikan kenyamanan berkendara, apalagi di jalanan yang berlubang, bergelombang, atau tidak rata.

Jadi harus segera memeriksa shockbreaker, apalagi kalau sudah terasa kurang nyaman, barangkali shockbreaker sahabat mengalami kebocoran. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×