Info Produk

3 Komponen Mobil yang Wajib Dilakukan Servis Berkala

1 Komentar

Memiliki kendaraan seperti mobil wajib melakukan perawatan berkala. Namun kenyataanya, mereka enggan melakukan perawatan, entah karena tak ada waktu, lupa, atau memang tak ada budget. OLXer sendiri gimana, sama alasannya?

Jika memang hal tersebut kerap dilakukan, ada baiknya kebiasaan itu dihilangkan. Sebab, mobil yang digunakan harian baik jarak dekat maupun jarak jauh sangat membutuhkan perawatan rutin.

Seperti dilansir situs Daihatsu, penggunaan mobil sehari-hari, tentu membuat beberapa komponen mengalami penurunan kondisi. Bahkan, semakin hari komponen yang ada pada mobil akan semakin memburuk, baik karena pemakaian normal maupun karena usia pakai.

Nah, agar tetap memberikan rasa nyaman pada mobil, situs Daihatsu menyarankan agar mobil dilakukan perawatan secara rutin atau servis berkala.

Situs Daihatsu menguraikan beberapa komponen yang wajib dilakukan servis berkala, antara lain:

1. Kaki-kaki Mobil

Jalanan aspal di kota-kota besar memang sebagian besar mulus dan nyaman untuk dilewati menggunakan mobil. Namun terkadang ada jalan-jalan yang berlubang yang luput dari pandangan, terlebih tips berlibur ke luar kota menggunakan mobil.

Hal tersebut dapat membuat kaki-kaki mobil rentan sekali rusak. Masalah yang sering dialami pada kaki-kaki mobil adalah kaki mobil goyang.

Bukan hanya jalanan yang bisa disalahkan jika kondisi kaki-kaki mobil rusak, faktor pengendara yang membawa mobil secara kasar juga bisa menjadi alasan rusaknya kaki-kaki mobil.

Sebetulnya, usia kaki-kaki mobil terbilang awet. Kaki-kaki mobil ball joint, tierod, stabilizer dan booshing memiliki usia pakai hingga 100.000 kilometer atau sekitar lima tahun.

2. Air Condition (AC)

AC konvesional cara pengaturannya masih diputar alias belum digital. (Car From Japan)

Hal yang paling sering digunakan dengan intensitas yang sangat tinggi pastinya adalah Air Condition (AC). AC harus bekerja keras untuk membuat seisi ruangan mobil menjadi dingin, apalagi jika digunakan untuk jarak jauh yang membutuhkan waktu yang lama.

Dengan cuaca yang cukup panas di siang hari, tentunya AC adalah suatu kebutuhan yang perlu diperhatikan.

Permasalahan pada komponen AC yang seringkali ditemui adalah pada bagian kompresor dan freon AC yang mulai habis. Servis rutin terhadap AC tentunya perlu dilakukan supaya kenyamanan berkendara sahabat bisa terjaga. Menservis AC bisa dilakukan dengan mengganti pelumas, refigeran, dan pembersihan AC.

Paling tidak, dianjurkan untuk melakukan servis terhadap AC satu tahun sekali, atau dihitung berdasarkan jarak berkendara yang sudah ditempuh. Silakan servis AC jika jarak tempuh mobil sudah mencapai 10.000 sampai 20.000 KM baik dalam dan luar kota.

Ada treatment khusus yang harus dilakukan jika sering melewati jalan yang penuh debu, yaitu dianjurkan menservis AC jika kilometer sudah mencapai 3.000. Proses servis AC juga berlangsung berdasarkan bagaimana kondisi AC mobil. Dengan segala kondisinya, proses perbaikan AC bisa berlangsung mulai dari satu sampai delapan jam.

3. Balancing dan Spooring

Kondisi kaki-kaki juga biasanya berpengaruh pada keseimbangan mobil. Servis yang perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan mobil adalah balancing dan spooring.

Spooring merupakan proses mengembalikan kelurusan kedudukan empat roda pada mobil. Kemudian diseimbangkan dengan melakukan balancing.

Dengan melakukan balancing dan spooring, kenyamanan berkendara sahabat terjaga tanpa terganggu oleh ketidakseimbangan mobil. (Her)

  • http://www.musicandnews.co.cc/ Asmara Susanto

    lagu barat saya pakai mobil dari toyota enak dan nyaman

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×