News from OLX

3 Faktor Penyebab Kelelahan Biang Kecelakaan

0 Komentar

Faktor Penyebab Kelelahan Biang KecelakaanTubuh lelah jangan dipaksa mengemudi OLXer. Sebab, ketika pengemudi kelelahan maka hal itu dapat memicu terjadi kecelakaan.

Dilansir situs resmi Nissan, penyebab kelelahan memang beragam faktornya, antara lain;

Pertama adalah faktor kurang tidur. Akumulasi periode tidur yang kurang atau bahkan berlebihan bisa jadi sangat berbahaya.

Sedangkan waktu tidur yang paling optimal adalah delapan jam sehari secara konsekutif tanpa gangguan tidur.

Kedua adalah faktor aktivitas. Ketika seseorang telah beraktivitas dengan keras tanpa beristirahat sedikit pun dan kemudian berkendara, kelelahan bisa mudah menyerang.

Apalagi ketika sudah mengemudi tanpa henti selama empat jam non-stop.

Ketiga adalah faktor kesehatan. Tubuh yang kurang sehat atau dalam pengaruh obat-obatan yang menyebabkan kantuk bisa juga jadi salah satu penyebab kelelahan.

Cara mengatasi kelelahan

Untuk mengatasi kelelahan saat mengendarai mobil adalah tidur yang cukup sebelum berkendara serta menepi untuk beristirahat.

Jika berencana untuk berkendara ke luar kota, pastikan untuk tidur cukup sebelum berangkat di malam sebelumnya.

Pastikan setiap 2-3 jam sekali, sempatkan diri beristirahat untuk sekadar meluruskan kaki atau makan. Dengan begitu, stamina saat berkendara akan tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, peregangan penting untuk mengembalikan kondisi tubuh yang prima. Saat beristirahat, lakukan gerakan-gerakan peregangan sederhana yang meliputi kaki dan tangan serta leher.

Kekakuan akibat berkendara terlalu lama juga bisa jadi hal yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Kenali juga tanda-tanda kelelahan saat mengemudi. Orang yang mengalami kelelahan saat mengemudi umumnya hilang kewaspadaan, yakni sulit untuk merespon ketika dalam keadaan darurat.

Mengantuk juga merupakan tanda utama seseorang yang mengalami kelelahan. Tak jarang pula pengendara tertidur sesaat ketika berkendara. Bila hal-hal tersebut terjadi pada Anda, segeralah berhenti untuk beristirahat.

Karena itu, pastikan OLXer berkendara dalam keadaan segar dan bugar, tanpa rasa lelah. Menghilangkan rasa lelah bisa didukung dengan kenyamanan mobil itu sendiri, salah satunya dengan jok yang nyaman. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×