News from OLX

3 Cara Tetap Fokus Berkendara di Bulan Ramadan

0 Komentar

Puasa yang dijalankan umat muslim di bulan suci Ramadan tentunya ada kemungkinan tubuh mengalami kadar gula darah turun dalam tubuh dan berpotensi mengalami dehidrasi. Hal ini menyebabkan seseorang merasa lelah dan menjadi tidak sabar. 

Menurut dokter dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, Daniel Bramantyo, ketika kondisi tubuh biasanya menjadi lebih lemas pada saat puasa, dan tentunya akan mempengaruhi kekuatan dan ketahanan saat mengemudi.

“Puasa dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan memiliki efek langsung seperti kurangnya konsentrasi, menguap, dan mengantuk yang membuat pengendara tak menyadari keberadaan rambu lalu lintas,” kata Daniel dalam keterangan tertulis, Kamis (9/5/2019).

Oleh karena itu, Daniel membagikan beberapa beberapa tips  menjaga konsentrasi saat mengemudi yang dapat diterapkan dalam aktivitas sehari-hari:

1.    Penuhi Asupan Gizi

Saat sahur, jangan pernah lupakan konsumsi karbohidrat kompleks yang ada di dalam nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan makanan lainnya. Asupan protein dan lemak juga tidak boleh ditinggalkan, karena jika kita tidak mengkonsumsinya, dikhawatirkan badan akan mudah terasa lemah di siang hari.

2.    Jaga tubuh tetap terhidrasi

Ketika sahur atau berbuka, dapat mengkonsumsi jus buah yang  membantu proses pencernaan tetap lancar sekaligus menjaga asupan vitamin dan nutrisi baik lainnya yang penting bagi tubuh.

Selain itu, pastikan agar  minum delapan gelas air putih demi mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.

3.    Hindari makanan pedas dan asam

Sebaiknya menghindari makanan yang pedas dan juga asam karena hal ini dapat mengganggu fungsi lambung dan pencernaan yang dapat mengakibatkan asam lambung. Asam lambung selama berpuasa akan sangat memperberat kondisi tubuh. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×