Membeli mobil bekas bisa menjadi hal yang menguntungkan atau justru merugikan, tergantung dari bagaimana OLXer memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang ada.

Namun bukan hanya dua hal tersebut yang nantinya bisa menjadi pertimbangan dalam memilih dan membeli mobil bekas berkualitas. Tetapi juga seperti apa perencanaan yang matang dalam berburu mobil bekas secara online, hingga bagaimana bertransaksi yang aman dalam pembelian mobil.

Perencanaan yang dilakukan tak bisa sembarangan jika ingin hasilnya maksimal. Dalam berburu mobil bekas tentu berbeda dengan membeli mobil baru. Umumnya waktu yang dibutuhkan dari awal pencarian hingga pembelian lebih panjang. Bahkan bisa menjadi hal yang melelahkan jika tidak melakukan perencanaan yang tepat.

Berikut sejumlah 10 langkah dan tips membeli mobil bekas secara online di OLX:

1. Buat Daftar 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar pilihan mobil incaran. Bila OLXer ingin fokus mencari SUV, misalnya. Buatlah daftar setidaknya dua atau tiga pilihan model yang masing-masing punya kelebihan tertentu sesuai dengan kebutuhan OLXer.

2. Cari Tahu Informasi Tentang Mobilnya

Setelah memiliki daftar pilihan mobil incaran, mulailah cari referensi info terkait setiap mobil yang ada. Referensi bisa didapatkan dari artikel di internet, forum-forum, pengalaman kolega, review mobil di YouTube dan lainnya.

3. Cari Unit dan Cek Harga Pasarannya di Listing OLX

Langkah berikutnya adalah mulai berburu iklan mobil yang dijual dengan membuka situs atau aplikasi OLX. Sortir hingga ke model tertentu yang ada di daftar mobil incaran kemudian bandingkan harganya dari setiap iklan. Sehingga OLXer bisa mengira-ngira harga batas bawah dan batas atas untuk model tersebut. Jadikan kisaran harga itu sebagai pedoman saat proses negosiasi nanti.

4. Hubungi Penjual, Buat Janji untuk Mengecek Mobil Secara Langsung

Setelah mendapatkan sejumlah iklan mobil yang diincar, hubungi satu-satu penjualnya dan buat janji untuk mengecek mobil secara langsung. Sebaiknya sortir hasilnya berdasarkan jarak lokasi terdekat, waktu yang paling nyaman dan lainnya.  

5. Bawa Mekanik atau Lebih Mudah Menggunakan Jasa Otospector Saat Mengecek Kondisi dan Surat-surat Mobil

Langkah ini adalah salah satu yang paling penting untuk dilakukan, kecuali kamu sangat ahli soal mekanis dan sudah ada pengalaman sebelumnya dengan mobil tersebut.

6. Usahakan Mengecek Kondisi Mobil Tidak Saat Malam Hari dan Tidak Terburu-buru

Mengecek mobil saat malam hari akan sangat menyusahkan dan merugikan calon pembeli. Selain keterbatasan cahaya dan waktu, apalagi jika dilakukan di tempat gelap, sangat besar potensinya titik-titik pengecekan yang seharusnya diperiksa menjadi terlewat.

7. Test Drive Jika Memungkinkan

Mencoba mobil secara langsung sangat vital untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari mobil. Jika memungkinkan, test drive mobil dengan jarak yang cukup jauh. Beberapa komponen seperti transmisi, misalnya, sulit diketahui kondisi sebenarnya jika hanya menguji mobil dalam jarak dekat.

8. Tawar Harga Sesuai Bujet. Jangan Panik Jika Penjual Bilang Sudah Ada Tawaran Lain untuk Mobilnya

Ingat berapa bujet yang tersedia dan jangan panik dengan desakan penjual. Desakan tersebut bisa benar adanya atau mungkin hanya rekaan semata, maka dari itu bersikaplah lebih tenang dan santai.

9. Santai, Jangan Excited Berlebihan. Pertimbangkan Baik-baik Plus dan Minus-nya dari Beberapa Mobil

Rasa tidak sabar akan memiliki mobil baru harus dibuang jauh-jauh agar Anda tidak hilang fokus dalam memilih mana mobil yang terbaik.

10. Lakukan Transaksi Jika Merasa Cocok dengan Harga dan Mobilnya

Jangan Mau Mentransfer Uang Apapun di Awal Transaksi Tanpa Pernah Bertemu dengan Penjual dan Melihat Mobil Secara Langsung. (Dan/Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×